Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Penyebabnya

Bau mulut atau halitosis dapat disebabkan oleh berbagai hal. Namun, penelitian menunjukkan bahwa 80% bau mulut disebabkan oleh masalah kebersihan mulut seperti masalah gigi berlubang atau gusi. Itu sebabnya menjaga kesehatan mulut sangat penting. Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah gusi, gusi dan makanan dengan luka bakar. Beberapa masalah kesehatan lain yang juga bisa menjadi penyebab bau mulut:

  • Xerostomia, mulut kering yang terjadi akibat terganggunya produksi air liur akibat bakteri yang menumpuk di rongga mulut.
  • Gangguan pencernaan seperti infeksi bakteri H. pylori yang menyebabkan gastritis dan penyakit jantung (GERD).
  • Sinusitis, mengakibatkan menetes setelah hidung atau aliran cairan kental dari rongga sinus di tenggorokan.
  • Efek dari kondisi lain, seperti diabetes, penyakit hati atau infeksi pernapasan.

Selain beberapa kesehatan di atas, bau mulut juga bisa disebabkan oleh merokok, kebersihan mulut berkurang, makanan atau minuman tertentu dan diet berlebihan, yang mengakibatkan kekurangan lemak.

Perhatikan juga apa yang Anda makan. Hindari makanan seperti bawang dan bawang putih yang memiliki bau yang cukup kuat. Pilih camilan sehat, seperti apel atau wortel mentah, karena mengandung air. Makan sehat dan makan secara teratur juga dapat membantu menghilangkan bau mulut. Anda juga dapat menggunakan obat kumur, menghilangkan bau obat kumur. Namun, efek cairan ini hanya sementara. Tentu anda harus secara teratru menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *